Ikan teri medan sambel kacang

Ikan teri sambal kacang

Beberapa waktu lalu saya pulang ke Medan. Di rumah dimasakin ikan teri dan sayur daun ubi tumbuk. Nikmaaaat sekaliii, makannya lahap sampe nambah. Pulang ke Chiang Mai tidak lupa saya bawa sedikit ikan teri untuk coba-coba masak sendiri.

Berikut bahan dan bumbunya:

  • Ikan teri
  • kacang tanah goreng
  • cabe merah
  • bawang putih
  • bawang merah
  • tomat
  • daun bawang
  • garam secukupnya
  • minyak goreng untuk menggoreng dan sedikit untuk menumis sambel

Cara masak:

  1. goreng ikan teri dengan minyak yang cukup banyak dan jangan ditinggal. Menggoreng ikan teri pastikan apinya sedang, lalu setiap beberapa saat di balik. Pertama kali saya masak ikan teri sebagian ikan teri gosong sebagian ikan teri tidak masak. Ilmu goreng ikan teri saya dapat dari mama saya waktu masih kost di Bandung hehe.
  2. goreng kacang tanahnya (ga perlu di kupas), di  Chiang Mai ada yang jual kacang tanah sudah digoreng, sangat cocok untuk kemalasan saya hehe.
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah dan cabe merah serta garam.Kalau males menggiling pake food processor saja 🙂
  4. Iris daun bawang dan tomat (bawang batak kata orang Medan namanya, bahan yang ini tidak wajib kalau tidak punya juga tidak apa-apa).
  5. Pindahkan minyak goreng sisa menggoreng kacang dan ikan teri, sisakan sedikit saja minyak untuk menumis sambel yang sudah digiling halus.
  6. Tumis sambal sampai wangi, masukkan daun bawang dan tomat yang sudah diiris.
  7. Masukkan kacang dan ikan teri ke dalam sambal yang sudah mulai matang. Aduk sehingga sambal merata.
  8. Angkat dan sajikan, paling nikmat pakai sayur daun ubi tumbuk *nyam*

Oke selamat mencoba. Untuk mempercepat waktu memasak, sedikit tips dari saya, sediakan food processor yang bisa menghaluskan bumbu dasar sekaligus banyak, simpan dikulkas (bekukan dalam plastik-plastik kira-kira sesuai kebutuhan).

Cara lain kalau Anda malas menggiling bumbu, bawang putih, bawang merah dan cabe merahnya bisa diiris tipis. Lalu tumis seperti menumis sambal. Masukkan tomat sebelum daun bawang. Dan masukkan ikan teri dan kacang terakhir.

Tambahan tips untuk membuat ikan teri kacang yang kering: jika Anda ingin ikan teri kacang yang tahan lama, jangan gunakan tomat dalam sambalnya.Ikan teri dan kacang dicampur setelah sambalnya agak dingin.

Harap maklum kalau saya jarang posting resep, namanya juga masakan pemalas. Selain ga terlalu sering masak, saya juga agak malas buat posting, kadang-kadang lupa hehehe. Tapi walaupun begitu, sesekali kita pasti masuk dapur juga kan. Selamat memasak buat Anda yang malas maupun yang rajin hehehe.

risna

A blogger who likes to watch Korean dramas and learn about digital desain with Canva and video editing using Kinemaster.

16 komentar pada “Ikan teri medan sambel kacang

  • Februari 8, 2010 pada 5:01 pm
    Permalink

    izin cofy ya,, ternyata qt sama,malas masak,,klo dah gt ujung2nya bli maklum masih berdua ma suami jdnya g perlu repot…he,,he…

    Balas
    • Februari 24, 2010 pada 11:27 am
      Permalink

      @mbak ummu ulya: hehe iyah klo masih berdua ga mau repot ya, yg praktis aja 😀

      Balas
  • April 8, 2010 pada 10:24 am
    Permalink

    Ijin nyontek cara goreng ikan teri … belum pernah goreng sendiri, biasanya beli aja, nah giliran mau goreng sendiri mulai bingung … untung nemu contekan ini … makasih ya

    Balas
    • Juni 25, 2010 pada 2:28 pm
      Permalink

      @selvia: semoga berhasil ya gorengnya. Jangan lupa sering di balik2 aja dan minyaknya jangan terlalu dikit untuk goreng teri

      Balas
    • Juni 25, 2010 pada 2:27 pm
      Permalink

      haa? izin copy? izin masak aja deh jangan cuma dicopy ya

      Balas
  • Juni 1, 2010 pada 4:47 pm
    Permalink

    waaahhh,,, akhirnya dapet juga resep ikan teri sambel kacang !
    pertama kali makan itu langsung ketagihan !
    pengen bikin sendiri tp ga dpt” resepnya…
    syukur deh pas buka blog ini langsung dapet !
    hehehe
    makasih ya mbak n salam kenal ! (^^v)

    Balas
    • Juni 25, 2010 pada 2:24 pm
      Permalink

      @etha: udah jadi dicobain? semoga sesuai harapan ya 😀

      Balas
  • Agustus 31, 2010 pada 9:04 pm
    Permalink

    emang bner2 males deh ni masaknya serba praktis.. cocok ma apa yg w cari 😛 hehehehe
    tipsnya bermanfaat mba di tingkatkan trus yea resepnya
    makasih

    Balas
  • Februari 9, 2011 pada 11:28 am
    Permalink

    waah.. suka suka syukaaaa… cocok buat qita yg gak banyak waktu d dapur. cuma emang males lagi kalau udah, pasti kudu nyuci..hiks…
    ijin ngutip n masak, sippp..

    Balas
  • April 17, 2011 pada 12:48 am
    Permalink

    wah jadi ngiler nih mba, tp sering coba, terinya jadi alot

    Balas
  • Oktober 21, 2011 pada 6:10 pm
    Permalink

    Lagi nyari2 resep sambal teri kacang ehhh nemu deh laman ini hehehe…makasih resepnya ya,walaupun agak berbeda dgn resep khas mama saya. Untuk sentuhan terakhir saya lebih suka mencampurkan kacang dan terinya saat sambalnya sudah dingin biar benar2 garing. Oh iya, saya mau nanya donk…sayur daun ubi tumbuk yg dimaksud itu ditumis apa dimasak santan yah ? Karena di kampung halaman saya di Kalimantan Barat, daun ubi tumbuk itu adalah makanan khas orang Dayak. Masaknya ditumis atau dibakar di dalam bambu. Saya paling suka yg ditumis, OMG jadi ngiler malem2 hehehe

    Balas
    • Januari 5, 2012 pada 4:40 pm
      Permalink

      di sumatera utara(batak) daun ubi tumbuk itu di masak santan, tapi kalau dirumah saya kadang-kadang ditumis sama mama saya biar ga terlalu berlemak katanya *duh ikutan ngiler*

      Balas
  • Juli 13, 2013 pada 1:23 am
    Permalink

    Untung ada resep ini,soalnya ud lama g masak ikan teri dicabein,jd agak lupa bumbu halusny apaaj.
    Cm kl bmbuny cm diiris doang kykn krg mantep deh mnding dihalusin cabewnya.makan lahap dh nambah trus.thanks ya mba

    Balas
  • November 28, 2014 pada 12:03 pm
    Permalink

    Teri medan memang sangat praktis cara memasaknya. Banyak pilihan utk memasak teri medan. Rasanya bikin ketagihan.. renyah, gurih dan yg penting bergizi tinggi..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *