Masakan Pemalas

Catatan kegiatan masak si pemalas masak tapi doyan makan

Category: mom’s recipe

  • Ikan teri medan sambel kacang

    Beberapa waktu lalu saya pulang ke Medan. Di rumah dimasakin ikan teri dan sayur daun ubi tumbuk. Nikmaaaat sekaliii, makannya lahap sampe nambah. Pulang ke Chiang Mai tidak lupa saya bawa sedikit ikan teri untuk coba-coba masak sendiri. Berikut bahan dan bumbunya: Ikan teri kacang tanah goreng cabe merah bawang putih bawang merah tomat daun […]

  • Arsik Ikan

    Horeee akhirnya belajar masak arsik ikan juga. Aslinya sih kalau di Medan yang diarsik itu ikan mas, tapi berhubung di sini ga tau kemana mencari ikan mas, maka yang di masak ya ikan nile tilapia (entah nama Indonesianya apa). Rasanya sih mirip2 aja dengan ikan mas, malah lebih enak karena ga banyak durinya. Oke untuk […]

  • Telur Tomat

    Setelah sekian lama, masak telur tomat lagi di Chiang mai. Ya, biasanya malas aja nyimpam sereh dan jahe di kulkas karena 2 bumbu itu bumbu yang jaraaang sekali digunakan, dan kalau beli di supermarket ga bisa beli dikit doang. Kemarin waktu belanja ke pasar tradisional, ngelihat bumbu ini di jual dengan sangat murah dan cuma […]

  • Bakwan Jagung

    Setahun tinggal di Chiang Mai bukan berarti setahun ga makan makanan Indonesia. Bisa dibilang dengan kemampuan masak saya yang terbatas, setiap hari kalau masak ya masakan makanan ala Indonesia. Tapi jangan bayangkan makanan seperti rendang, ikan arsik ataupun makanan yg butuh waktu lama masaknya. Saya tetap masih memasak masakan ala pemalas kok :). Modal belajar […]

  • Membuat Tempe

    Sejak tinggal di Chiang Mai, saya jadi semakin menghargai tempe. Makanan khas Indonesia yang harganya murah tetapi kaya gizi dan tidak ada di sini! Waktu pulang liburan kemarin saya bertekat untuk belajar bikin tempe sendiri. Bermodalkan ragi yang masih nempel di daun yang saya bawa ke Chiang Mai, saya bereksperimen dengan petunjuk dari mama mertua. […]

  • Bumbu Ungkap Ayam

    Setelah beberapa kali masak ayam dengan bumbu instan, kali ini meniru resep mengungkap ayam dari mertua. Kebetulan beberapa kali disuruh ngulekin bumbu kalau lagi datang atau kalo lagi berkunjung ke mertua. Tadi sudah dicoba, dan rasanya bolehlah… hehe.. masih ga pede sih, tapi harus dicatat sebelum lupa, oh ya berikut ini untuk kira-kira 1 kilo […]