Masakan Pemalas

Catatan kegiatan masak si pemalas masak tapi doyan makan

muffin banana

Muffin oatmeal banana

Ceritanya udah lama banget ga masak pake oven, trus pagi ini awalnya mau bikin banana bread tapi kok ya rasanya pengen oatmeal juga. Jadilah saya mengarang bebas bikin versi muffin berdasar stock yang ada dan harap harap cemas bakal jadi ga ya.

Karena hasilnya cukup sukses dan cocok dengan selera saya, supaya ga lupa mau ditulis aja di sini.

image

Bahan bahan :

2 butir telur
1 cup susu segar
1/2 cup olive oil
2 cup oatmeal instan
1 cup tepung terigu
1/3 cup brown sugar
1/4 cup kismis
1/4 cup chocolate chips
1/2 tsp garam
1 tsp soda kue (bikarbonas)
1 buah pisang

Sekilas keliatan banyak ya bahannya, tapi sebenernya kismis san chocolate chips opsional, bisa pilih salah satu tapi saya kebetulan lagi pengen keduanya hehe. Pisang juga boleh ditambah kalau kepengen.

Cara membuat mirip dengan membuat oatmeal muffin. Seperti biasa oatmeal di rendam dulu dengan olive oil dan susu segar. Lalu di mangkuk terpisah pisang dihancurkan menggunakan garpu. Tambahkan telur ke dalam pisang yang sudah lumat. Aduk telur supaya kuning  telur dan putihnya merata (saya pakai garpu saja seperti biasa). Berikutnya masukkan bikarbonas, garam, brown sugar, chocochips dan kismis. Aduk supaya merata. Lalu masukkan oatmeal yg sudah di rendam ke salam adonan. Aduk rata dan tambahkan 1 cup terigu ke dalam adonan. Setelah adonan rata siap di masukkan ke loyang muffin. Saya pakai loyang muffin isi 6 dan ternyata adonan kelebihan dan jadi 8 buah muffin. Kalau pakai loyang 12 muffin kemungkinan bakal pas.

Panggang dengan suhu 175 derajat celcius sekitar 20 menit. Pastikan kematangan dengan test tusuk gigi.

Done siap disantap.

image

Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *