Masakan Pemalas

Catatan kegiatan masak si pemalas masak tapi doyan makan

Bandeng Presto, Tofu dan Oseng Buncis

Menu sederhana hari ini adalah Bandeng Presto Goreng, Tofu dan sayur Buncis. Saya akan mencoba menuliskannya, maafkan kalau ada penggunaan kata yang kurang dimengerti, karena saya juga kurang paham dengan terminologi dalam masak memasak.

Paling gampang pertama adalah tofu goreng. Potong tofunya sekitar setengah cm, celupkan ke telur yang sudah diaduk lalu goreng ke dalam minyak yang sudah panas. Paling gampang berikutnya tentu saja Bandeng Presto Goreng, karena tinggal potong sesuai selera, celupkan ke telur yang sudah diaduk (bekas tofu kalau masih bersisa) lalu digoreng.

Untuk mencegah terlalu banyak makan telur dan terlalu boros minyak goreng, saya menggoreng tofu terlebih dahulu baru ikan. Kenapa tofu dulu? karena kalau ikan dulu nanti minyaknya keburu bau ikan, dan tofu rasa ikan sepertinya aneh, tapi kalau tofu dulu baru ikan ga masalah harusnya. Minyak goreng bekas tofu juga bisa dipakai lagi untuk menggoreng ikan, kalau rasanya minyaknya kurang ya.. ditambah lagi lah.

Nah yang agak lama menyiapkannya adalah sayur. Lama… karena saya belum ahli mengiris dengan cepat.
Bumbu : bawang putih (3 biji), bawang merah (2 biji karena agak besar), cabe (2 biji), garam secukupnya (pada dasarnya semua bahan sesuai selera, mau terasa bawang atau terasa pedas, atau terasa asin).
Bahan : sayur buncis dan petai cina kecil (aduh ga tau namanya, tapi ada di kulkas :P) dan sisa tofu yang hancur kalau salah milih tofu seperti saya :p.
Persiapan: Iris bawang putih, bawang merah dan cabe. Iris sayurannya tipis miring.
Panaskan blueband kira-kira 3 sendok makan, masukkan bawang putih, bawang merah dan cabe. (Dimasukkan berurutan, dan tunggu setiap kali bumbu sebelumnya mulai wangi). Masukkan sisa tofu (kalau waktu motongnya kebetulan ada yang hancur). Oseng-oseng sebentar…lalu masukkan sayuran yang sudah diiris. Tambahkan air kira-kira setengah gelas, lalu tambahkan garam. Tutup sampai sayurannya masak.

Petunjuk: sayuran masak kalau sudah mulai wangi dan cukup lunak, bisa dicoba apakah sudah bisa dipotong dengan mudah menggunakan ujung sendok masak.

Berdasarkan pengalaman, waktu yang diperlukan untuk memasak semuanya kira-kira sejam, karena saya belum bisa masak paralel antara menggoreng ikan sambil masak sayur (selain karena saya masih belum bisa cepat dalam mengiris). Well, sejam didapur rasanya tidak terasa untuk menyenangkan hati suami toh!. Untuk eksperimen selanjutnya, jika ada udang atau ati ampela bisa juga ditambahkan ke dalam sayurnya.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *