Masakan Pemalas

Catatan kegiatan masak si pemalas masak tapi doyan makan

Masak Pizza tanpa Oven

Making Pizza

 

 

 

 

 

 

 

 

Kemarin teman saya memberi tahu kalau untuk membuat pizza tidak harus menggunakan oven. Sepertinya cocok untuk dicoba di dapur pemalas. Resepnya saya ambil dari blog temen saya. Dan sebenarnya resepnya sama saja dengan resep untuk di masak di oven.

Berbeda dengan resep pizza yang saya temui, ragi instan tidak perlu di seduh air panas terlebih dahulu, dan resep ini juga menggunakan air dingin. Seperti halnya dengan resep donat ataupun roti goreng, kita bisa mengadon sekaligus 1 kg tepung, lalu memecah-mecah menjadi beberapa bagian dan disimpan dalam freezer setelah kita bungkus dengan plastik cling wrap.

Bahan Roti:

  1. 1 kg terigu protein tinggi
  2. 1 sachet ragi (fermipan)
  3. 1/2 sdm garam
  4. 1 sdm gula pasir
  5. 6 sdm minyak sayur
  6. 500ml air dingin

Bahan Topping:

  1. 1 siung bawang bombay
  2. 1 siung bawang putih
  3. Sosis ayam/sapi/ keduanya
  4. Jamur
  5. Daging cincang
  6. Mozzarella
  7. Saus tomat

Beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah:

  • toping bebas sesuai selera dan tumis terlebih dahulu, toping saya isinya sosis, cornet dan ham di tumis dengan bawang putih dan bawang bombay serta paprika hijau
  • keju tidak harus mozarella, saya menggunakan keju kraft yang di parut
  • susunan toping: keju – saus tomat – tumisan toping – keju
  • gunakan api kecil dan tutup pan selama memasak

Kita bisa menumis toping sekaligus lalu disimpan di kulkas sehingga keesokan harinya tinggal "memanggang" saja.

Berikut ini beberapa foto yang lebih menggambarkan prosesnya.

1. Campurkan bahanMaking Pizza 2. Tambahkan air sedikit sedikitMaking Pizza
3. Uleni sampai kalis, sisihkanMaking Pizza 4. Parut kejuMaking Pizza
5. Taruh di pan, api kecil, tutupMaking Pizza 5. Siap sajiMaking Pizza

Buat saya sendiri, memasak pizza ini tidak terlalu mudah, karena saya hanya punya 1 tempat masak. Pan yang sama saya gunakan untuk menumis dan ‘memanggang’, sehingga saya harus mencuci pan sebelum menggunakannya. Tetapi sekali bahan dasar dan toping sudah tersedia di kulkas, keesokan harinya kita bisa tinggal menyusun dan memasak dan siap menikmati.

Selamat mencoba πŸ˜‰

 


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

38 responses to “Masak Pizza tanpa Oven”

  1. Yuliazmi Avatar

    hmmmm yummy, kayaknya persediaan di kulkas banyak nih… kirim2 dong kalau sudah matang πŸ˜€

  2. RIRIK Avatar
    RIRIK

    hebat juga ibu satu ini dalam urusan masak, selain merajut tentunya.

  3. risna Avatar

    @ririk: ah ini cuma kumpulan masakan dikala sedikit rajin πŸ˜› hehehe

  4. yen Avatar
    yen

    wow keren…..thxs banget bu atas respnya,inovatif banget…saya termasuk salah satu orang yang hobby banget dengan pizza hm…bisa dicoba nih…^_^

  5. Gestu Avatar
    Gestu

    Lhaa bahane pundi? Sori bener2 gak bisa masak nich.

  6. Emmy Avatar
    Emmy

    tolong dong kirim bahannya ke email ku, terus ngepannya berapa lama tuh?

  7. tiwi Avatar

    hmmm…kayaknya gampang, ak contek ya resepnya u dicoba..tq..

    1. risna Avatar

      @tiwi: silakan…

  8. Pizza Aisyah Yummy Avatar
    Pizza Aisyah Yummy

    wah…saya baru tau kali ini kalo ada pizza siap saji yang seperti ini.
    Banyak yang suka gak bu dengan model pizza yang seperti ini?

  9. bunda kasih anugrah Avatar
    bunda kasih anugrah

    Layak dicoba ni, Ris. Thanks ya udah bagi-bagi resepnya.

  10. eka novianti Avatar
    eka novianti

    setelah liat cara bikin pizza tanpa oven , saya jadi ingin mencoba membuatnya πŸ™‚
    tp yang saya masih bingung , memakai fermipan itu , fermipannya di seduh air dulu , apa langsung di taruh za dalam bahan-bahannya tante rizna?
    terus memanggang pizzanya kurang lebih berapa menit tante?

    aq gadis berumur 18 tahunn πŸ™‚
    ingin mencontek resep pizza tante rizna πŸ™‚
    buat kasih surprise ke mamah papah sama pacar aku . hehehe

  11. hidayat Avatar
    hidayat

    udah dicoba yahud….dipake pinggiran keju sama sozzis lbh yahud sis…mksih infonya…

  12. Kevin Avatar
    Kevin

    Ooohh…. Interesting sekali..
    Meskipun saya cwok, tapi aq suka bgt masak.. Apalagi masak masakan luar negri..
    ^^

  13. ryu Avatar
    ryu

    bikin pizza jadi gampang deh tanpa oven…bisa dimasak kapan ajah lagi..thank you y mbak^^

  14. Erie Avatar
    Erie

    Saya pernah coba bikin pizza ala pemalas pertama kegosongan karna api tdk terlalu kecil. Tp setlh dicoba beberpa x akhrnya sukses jg. Btw raginya ngga disedh dl jg ok. Yg penting adonan’a hrs di2amkn dl.

  15. SEKAR Avatar
    SEKAR

    WAHHH..THANKS BANGET YA MBAK..BTW WELCOMING JUGA 4 CALON ANGGOTA BARU….SALAM …GBU2

  16. gadis Avatar
    gadis

    maaf mba itu waktu ditaruh di atas pan sebelumnya diolesi mentega dulu biar tidak lengket atau tidak ya,,???mksh

    1. risna Avatar

      iya sebaiknya diolesin mentega dulu, tapi karena teflon saya waktu itu masih sangat mumpuni, ga pake oles2 juga ga lengket hehehhee

  17. gadis Avatar
    gadis

    trus kalo minyak sayurnya diganti minyak goreng biasa bisa apa tidak ya,,??

    1. risna Avatar

      minyak sayur yang saya maksud di sini minyak goreng kok (itu sebutan lainnya hehehe)

  18. maria Avatar
    maria

    mbak, gmn cara masukkin foto step by step yg tertata rapi akya gitu di wordpress? diatur dulu sebelumnya? tks ya πŸ™‚

    1. risna Avatar

      maaf lama balasnya, saya mengedit postingan pakai windows live writer lalu di situ saya bisa tambahkan tabel dan masukkin deh foto-fotonya ke dalam tabelnya

  19. yeni Avatar
    yeni

    Tipsnya keren, patut di coba ne, πŸ™‚

  20. Annie ratna puri Avatar
    Annie ratna puri

    G pke telor y bun?

  21. meliia she unyu-unyu Avatar
    meliia she unyu-unyu

    cobaiin agh

  22. Dinky Avatar

    Halo mbaa.. Makasih banyak resepnya ya .. Aku bikin persis sesuai resep dan hasilnya uenak..
    Cuma kalo panggang pake frying pan diatas kompor bagian tengah rotinya cepet gosong dan jadi aga keras ya.. Ada tips biar hasil panggangannya bagus ga mba?
    Makasih sblmnya πŸ™‚

  23. ely Avatar
    ely

    wah kayax enak tuh buat buka puasa praktis juga y

  24. Intan Dewi Cahaya Avatar

    nyamyyy wuinakkk tenann πŸ™‚

  25. AFIFAH Avatar
    AFIFAH

    INI yang aq cari dari dulu, makasih y bu …………….

  26. lisdian riza elfita Avatar
    lisdian riza elfita

    hhhhhmmmm udh aq cobaa yummy lhooo. Berhubung drmh cm ada kol, b.bombay, jagung dan ayam ya udah. Topingnya semua sayur n ayam itu aq tumis jd la toping ayam sayurr. Yummy lhoo. Thanks ya mbk resepnya

  27. kalgan Avatar

    waduh uenak banget yaaaaaaa, jadipengin nyoba
    jangan lupa mampir juga ke blog saya,tq

  28. Muchamad Avatar

    mbak mau tanya niee πŸ™‚ dengan 1kilo gram tepung terugu,bisa dapat beberapa adonan rotinya,.tnkz b4 πŸ˜€

  29. siter Nana Avatar
    siter Nana

    Heeemmmm….yang hamil muda pengennya masak-masak ni…..mau tak coba aaah……thanks infonya mbak…..

  30. rini Avatar
    rini

    ..kyaknya mudah..thanks y..;)

  31. sari Avatar
    sari

    Adonannya dibiarkan brp lama? Apa hrs dimasukkan dikulkas adonannya? Makasih…

  32. irma Avatar
    irma

    Mbak klw 1/2 kg tepungnya buat brapa potong..

  33. Bunda afif Avatar
    Bunda afif

    Adonannya klu disimpan difreezer bs disimpan paling lama berapa hari ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *