Masak Pizza tanpa Oven

Making Pizza

 

 

 

 

 

 

 

 

Kemarin teman saya memberi tahu kalau untuk membuat pizza tidak harus menggunakan oven. Sepertinya cocok untuk dicoba di dapur pemalas. Resepnya saya ambil dari blog temen saya. Dan sebenarnya resepnya sama saja dengan resep untuk di masak di oven.

Berbeda dengan resep pizza yang saya temui, ragi instan tidak perlu di seduh air panas terlebih dahulu, dan resep ini juga menggunakan air dingin. Seperti halnya dengan resep donat ataupun roti goreng, kita bisa mengadon sekaligus 1 kg tepung, lalu memecah-mecah menjadi beberapa bagian dan disimpan dalam freezer setelah kita bungkus dengan plastik cling wrap.

Bahan Roti:

  1. 1 kg terigu protein tinggi
  2. 1 sachet ragi (fermipan)
  3. 1/2 sdm garam
  4. 1 sdm gula pasir
  5. 6 sdm minyak sayur
  6. 500ml air dingin

Bahan Topping:

  1. 1 siung bawang bombay
  2. 1 siung bawang putih
  3. Sosis ayam/sapi/ keduanya
  4. Jamur
  5. Daging cincang
  6. Mozzarella
  7. Saus tomat

Beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah:

  • toping bebas sesuai selera dan tumis terlebih dahulu, toping saya isinya sosis, cornet dan ham di tumis dengan bawang putih dan bawang bombay serta paprika hijau
  • keju tidak harus mozarella, saya menggunakan keju kraft yang di parut
  • susunan toping: keju – saus tomat – tumisan toping – keju
  • gunakan api kecil dan tutup pan selama memasak

Kita bisa menumis toping sekaligus lalu disimpan di kulkas sehingga keesokan harinya tinggal "memanggang" saja.

Berikut ini beberapa foto yang lebih menggambarkan prosesnya.

1. Campurkan bahanMaking Pizza 2. Tambahkan air sedikit sedikitMaking Pizza
3. Uleni sampai kalis, sisihkanMaking Pizza 4. Parut kejuMaking Pizza
5. Taruh di pan, api kecil, tutupMaking Pizza 5. Siap sajiMaking Pizza

Buat saya sendiri, memasak pizza ini tidak terlalu mudah, karena saya hanya punya 1 tempat masak. Pan yang sama saya gunakan untuk menumis dan ‘memanggang’, sehingga saya harus mencuci pan sebelum menggunakannya. Tetapi sekali bahan dasar dan toping sudah tersedia di kulkas, keesokan harinya kita bisa tinggal menyusun dan memasak dan siap menikmati.

Selamat mencoba 😉

 

risna

A blogger who likes to watch Korean dramas and learn about digital desain with Canva and video editing using Kinemaster.

38 komentar pada “Masak Pizza tanpa Oven

  • November 30, 2008 pada 6:29 pm
    Permalink

    hmmmm yummy, kayaknya persediaan di kulkas banyak nih… kirim2 dong kalau sudah matang 😀

    Balas
  • Januari 8, 2009 pada 11:08 am
    Permalink

    hebat juga ibu satu ini dalam urusan masak, selain merajut tentunya.

    Balas
  • Januari 8, 2009 pada 11:36 am
    Permalink

    @ririk: ah ini cuma kumpulan masakan dikala sedikit rajin 😛 hehehe

    Balas
  • Januari 23, 2009 pada 12:40 pm
    Permalink

    wow keren…..thxs banget bu atas respnya,inovatif banget…saya termasuk salah satu orang yang hobby banget dengan pizza hm…bisa dicoba nih…^_^

    Balas
  • November 1, 2009 pada 3:59 pm
    Permalink

    Lhaa bahane pundi? Sori bener2 gak bisa masak nich.

    Balas
  • November 18, 2009 pada 8:28 pm
    Permalink

    tolong dong kirim bahannya ke email ku, terus ngepannya berapa lama tuh?

    Balas
  • April 19, 2010 pada 6:47 pm
    Permalink

    hmmm…kayaknya gampang, ak contek ya resepnya u dicoba..tq..

    Balas
  • Juli 28, 2010 pada 11:21 am
    Permalink

    wah…saya baru tau kali ini kalo ada pizza siap saji yang seperti ini.
    Banyak yang suka gak bu dengan model pizza yang seperti ini?

    Balas
  • Agustus 19, 2010 pada 4:54 pm
    Permalink

    Layak dicoba ni, Ris. Thanks ya udah bagi-bagi resepnya.

    Balas
  • Desember 5, 2010 pada 9:02 am
    Permalink

    setelah liat cara bikin pizza tanpa oven , saya jadi ingin mencoba membuatnya 🙂
    tp yang saya masih bingung , memakai fermipan itu , fermipannya di seduh air dulu , apa langsung di taruh za dalam bahan-bahannya tante rizna?
    terus memanggang pizzanya kurang lebih berapa menit tante?

    aq gadis berumur 18 tahunn 🙂
    ingin mencontek resep pizza tante rizna 🙂
    buat kasih surprise ke mamah papah sama pacar aku . hehehe

    Balas
  • Juni 9, 2011 pada 10:24 am
    Permalink

    udah dicoba yahud….dipake pinggiran keju sama sozzis lbh yahud sis…mksih infonya…

    Balas
  • Juni 23, 2011 pada 3:35 am
    Permalink

    Ooohh…. Interesting sekali..
    Meskipun saya cwok, tapi aq suka bgt masak.. Apalagi masak masakan luar negri..
    ^^

    Balas
  • Juli 26, 2011 pada 12:12 pm
    Permalink

    bikin pizza jadi gampang deh tanpa oven…bisa dimasak kapan ajah lagi..thank you y mbak^^

    Balas
  • Oktober 3, 2011 pada 7:03 am
    Permalink

    Saya pernah coba bikin pizza ala pemalas pertama kegosongan karna api tdk terlalu kecil. Tp setlh dicoba beberpa x akhrnya sukses jg. Btw raginya ngga disedh dl jg ok. Yg penting adonan’a hrs di2amkn dl.

    Balas
  • Oktober 3, 2011 pada 6:18 pm
    Permalink

    WAHHH..THANKS BANGET YA MBAK..BTW WELCOMING JUGA 4 CALON ANGGOTA BARU….SALAM …GBU2

    Balas
  • Oktober 21, 2011 pada 4:29 am
    Permalink

    maaf mba itu waktu ditaruh di atas pan sebelumnya diolesi mentega dulu biar tidak lengket atau tidak ya,,???mksh

    Balas
    • Januari 5, 2012 pada 4:42 pm
      Permalink

      iya sebaiknya diolesin mentega dulu, tapi karena teflon saya waktu itu masih sangat mumpuni, ga pake oles2 juga ga lengket hehehhee

      Balas
  • Oktober 21, 2011 pada 4:36 am
    Permalink

    trus kalo minyak sayurnya diganti minyak goreng biasa bisa apa tidak ya,,??

    Balas
    • Januari 5, 2012 pada 4:41 pm
      Permalink

      minyak sayur yang saya maksud di sini minyak goreng kok (itu sebutan lainnya hehehe)

      Balas
  • November 7, 2011 pada 8:45 am
    Permalink

    mbak, gmn cara masukkin foto step by step yg tertata rapi akya gitu di wordpress? diatur dulu sebelumnya? tks ya 🙂

    Balas
    • Januari 5, 2012 pada 4:39 pm
      Permalink

      maaf lama balasnya, saya mengedit postingan pakai windows live writer lalu di situ saya bisa tambahkan tabel dan masukkin deh foto-fotonya ke dalam tabelnya

      Balas
  • Januari 5, 2012 pada 4:10 am
    Permalink

    Tipsnya keren, patut di coba ne, 🙂

    Balas
  • Februari 27, 2012 pada 6:41 am
    Permalink

    G pke telor y bun?

    Balas
  • Juni 24, 2012 pada 5:24 am
    Permalink

    cobaiin agh

    Balas
  • Juli 7, 2012 pada 2:27 pm
    Permalink

    Halo mbaa.. Makasih banyak resepnya ya .. Aku bikin persis sesuai resep dan hasilnya uenak..
    Cuma kalo panggang pake frying pan diatas kompor bagian tengah rotinya cepet gosong dan jadi aga keras ya.. Ada tips biar hasil panggangannya bagus ga mba?
    Makasih sblmnya 🙂

    Balas
  • Juli 28, 2012 pada 5:58 am
    Permalink

    wah kayax enak tuh buat buka puasa praktis juga y

    Balas
  • September 12, 2012 pada 1:26 pm
    Permalink

    INI yang aq cari dari dulu, makasih y bu …………….

    Balas
  • September 13, 2012 pada 5:15 am
    Permalink

    hhhhhmmmm udh aq cobaa yummy lhooo. Berhubung drmh cm ada kol, b.bombay, jagung dan ayam ya udah. Topingnya semua sayur n ayam itu aq tumis jd la toping ayam sayurr. Yummy lhoo. Thanks ya mbk resepnya

    Balas
  • September 22, 2012 pada 3:24 am
    Permalink

    waduh uenak banget yaaaaaaa, jadipengin nyoba
    jangan lupa mampir juga ke blog saya,tq

    Balas
  • Oktober 26, 2012 pada 2:09 pm
    Permalink

    mbak mau tanya niee 🙂 dengan 1kilo gram tepung terugu,bisa dapat beberapa adonan rotinya,.tnkz b4 😀

    Balas
  • April 18, 2013 pada 2:10 am
    Permalink

    Heeemmmm….yang hamil muda pengennya masak-masak ni…..mau tak coba aaah……thanks infonya mbak…..

    Balas
  • Juni 12, 2013 pada 12:37 pm
    Permalink

    ..kyaknya mudah..thanks y..;)

    Balas
  • Februari 8, 2014 pada 4:47 am
    Permalink

    Adonannya dibiarkan brp lama? Apa hrs dimasukkan dikulkas adonannya? Makasih…

    Balas
  • September 21, 2014 pada 6:51 am
    Permalink

    Mbak klw 1/2 kg tepungnya buat brapa potong..

    Balas
  • Januari 25, 2015 pada 6:07 am
    Permalink

    Adonannya klu disimpan difreezer bs disimpan paling lama berapa hari ?

    Balas

Tinggalkan Balasan ke kalgan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *