Categories
experimental

Sayur Santan (Lodeh?)

Waktu mertua datang ke rumah, beliau beli terong tapi gak sempat dimasak. Setelah beberapa hari bingung mau diapain terongnya, akhirnya nanya ke mertua. Dikasih saran dibuat sayur lodeh saja. Hmm… pernah sih diajarin, tapi tidak menyimak bumbunya apa saja. Akhirnya bingung…ngung..ngung. Coba search di internet… ada berbagai resep sayur lodeh dengan bumbu yang berbeda-beda. Bingung kan!. Akhirnya..bereksperimen bikin sayur sendiri, ga tahu apakah ini bisa dikategorikan sayur lodeh, tapi untuk tidak mengelirukan, kita sebut sayur santan saja.

Bahan bumbu digiling:
4 Bawang putih
5 Bawang merah
3 Cabe merah
2 Cabe rawit
1/2 cm kencur
1/2 cm kunyit
Garam secukupnya

Bumbu tambahan:
3 lembar daun salam
1 batang sereh di keprok
Santan tentu saja
1 sdm Gula pasir
Tomat diiris

Sayur-sayurannya (katanya sih bisa ditambah/dikurangi)
Terong
Kacang panjang
Buncis
Wortel

Cara membuat:
Bumbu giling (tidak perlu terlalu halus) ditumis sampai wangi. Masukkan sayur-sayuran yang sudah dipotong-potong. Tambahkan air santan. Setelah mendidih masukkan daun salam, sereh dan tomat yang sudah diiris tambahkan gula. Aduk-aduk sampai kuahnya berkurang dan sayurannya cukup lunak (tapi jangan terlalu lunak loh). Setelah matang jangan lupa untuk memisahkan sereh dan daun salam untuk tidak ikut dihidangkan :).

Okeh, lain kali coba bereksperimen dengan menambahkan lengkuas ke dalamnya, karena seharusnya sih di beberapa resep yang ditemukan diinternet pake lengkuas, tapi kebetulan lengkuas di rumah lagi habis hehe. Oh ya beberapa resep mengiris bumbu giling (tapi ini sih terserah selera aja, kataku sih lebih mudah menggiling daripada ngiris tipis hehe). Selamat mencoba ya. Yang jelas, resep tadi sudah dicoba dan walaupun awalnya mengira sayurnya bakal kebanyakan buat bertiga, tapi sekali makan langsung habis bis bis tuh :).

By risna

a housewife who recently learns to knit and crochet, lives in Chiang Mai since 2007, so must learn Thai Language, and had some part time job to do documentation with LaTeX and welcoming for a new family member at the end of 2010

One reply on “Sayur Santan (Lodeh?)”

salam kenal,…
sepertinya kita cocok karena sama2 suka masakin suami tapi paling ga suka yang ribet. klo boleh kasih masukan…sayurnya ga usah pake wortel dan buncis. tapi cukup kacang panjang, kol (kubis) ditambah tempe yang digoreng setengah matang. dan bumbunya ga usah pake sereh. tapi ditambah cabe merah dan lengkuas digeprak. semoga sukses ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *