Masak Pizza tanpa Oven

Making Pizza

 

 

 

 

 

 

 

 

Kemarin teman saya memberi tahu kalau untuk membuat pizza tidak harus menggunakan oven. Sepertinya cocok untuk dicoba di dapur pemalas. Resepnya saya ambil dari blog temen saya. Dan sebenarnya resepnya sama saja dengan resep untuk di masak di oven.

Berbeda dengan resep pizza yang saya temui, ragi instan tidak perlu di seduh air panas terlebih dahulu, dan resep ini juga menggunakan air dingin. Seperti halnya dengan resep donat ataupun roti goreng, kita bisa mengadon sekaligus 1 kg tepung, lalu memecah-mecah menjadi beberapa bagian dan disimpan dalam freezer setelah kita bungkus dengan plastik cling wrap.

Bahan Roti:

  1. 1 kg terigu protein tinggi
  2. 1 sachet ragi (fermipan)
  3. 1/2 sdm garam
  4. 1 sdm gula pasir
  5. 6 sdm minyak sayur
  6. 500ml air dingin

Bahan Topping:

  1. 1 siung bawang bombay
  2. 1 siung bawang putih
  3. Sosis ayam/sapi/ keduanya
  4. Jamur
  5. Daging cincang
  6. Mozzarella
  7. Saus tomat

Beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah:

  • toping bebas sesuai selera dan tumis terlebih dahulu, toping saya isinya sosis, cornet dan ham di tumis dengan bawang putih dan bawang bombay serta paprika hijau
  • keju tidak harus mozarella, saya menggunakan keju kraft yang di parut
  • susunan toping: keju – saus tomat – tumisan toping – keju
  • gunakan api kecil dan tutup pan selama memasak

Kita bisa menumis toping sekaligus lalu disimpan di kulkas sehingga keesokan harinya tinggal "memanggang" saja.

Berikut ini beberapa foto yang lebih menggambarkan prosesnya.

1. Campurkan bahanMaking Pizza 2. Tambahkan air sedikit sedikitMaking Pizza
3. Uleni sampai kalis, sisihkanMaking Pizza 4. Parut kejuMaking Pizza
5. Taruh di pan, api kecil, tutupMaking Pizza 5. Siap sajiMaking Pizza

Buat saya sendiri, memasak pizza ini tidak terlalu mudah, karena saya hanya punya 1 tempat masak. Pan yang sama saya gunakan untuk menumis dan ‘memanggang’, sehingga saya harus mencuci pan sebelum menggunakannya. Tetapi sekali bahan dasar dan toping sudah tersedia di kulkas, keesokan harinya kita bisa tinggal menyusun dan memasak dan siap menikmati.

Selamat mencoba 😉

 

38 thoughts on “Masak Pizza tanpa Oven

  1. wow keren…..thxs banget bu atas respnya,inovatif banget…saya termasuk salah satu orang yang hobby banget dengan pizza hm…bisa dicoba nih…^_^

  2. setelah liat cara bikin pizza tanpa oven , saya jadi ingin mencoba membuatnya 🙂
    tp yang saya masih bingung , memakai fermipan itu , fermipannya di seduh air dulu , apa langsung di taruh za dalam bahan-bahannya tante rizna?
    terus memanggang pizzanya kurang lebih berapa menit tante?

    aq gadis berumur 18 tahunn 🙂
    ingin mencontek resep pizza tante rizna 🙂
    buat kasih surprise ke mamah papah sama pacar aku . hehehe

  3. Ooohh…. Interesting sekali..
    Meskipun saya cwok, tapi aq suka bgt masak.. Apalagi masak masakan luar negri..
    ^^

  4. Saya pernah coba bikin pizza ala pemalas pertama kegosongan karna api tdk terlalu kecil. Tp setlh dicoba beberpa x akhrnya sukses jg. Btw raginya ngga disedh dl jg ok. Yg penting adonan’a hrs di2amkn dl.

    • maaf lama balasnya, saya mengedit postingan pakai windows live writer lalu di situ saya bisa tambahkan tabel dan masukkin deh foto-fotonya ke dalam tabelnya

  5. Halo mbaa.. Makasih banyak resepnya ya .. Aku bikin persis sesuai resep dan hasilnya uenak..
    Cuma kalo panggang pake frying pan diatas kompor bagian tengah rotinya cepet gosong dan jadi aga keras ya.. Ada tips biar hasil panggangannya bagus ga mba?
    Makasih sblmnya 🙂

  6. hhhhhmmmm udh aq cobaa yummy lhooo. Berhubung drmh cm ada kol, b.bombay, jagung dan ayam ya udah. Topingnya semua sayur n ayam itu aq tumis jd la toping ayam sayurr. Yummy lhoo. Thanks ya mbk resepnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *