Martabak Manis (dengan santan)

martabak-siapsajiSetelah berhasil masak donat, jadi kepikiran pengen bikin cemilan lain yang gampang dan ga butuh banyak peralatan dapur. Sampai sekarang peralatan dapur pemalas tetap ga nambah, ukuran dapurnya juga masih segitu aja dan yang paling prihatin, kompornya juga cuma satu kompor listrik yang udah dilengkapi dengan teflonnya sehingga tidak bisa diganti dengan wajan lain tentunya :p. Untungnya wajan tersebut pas untuk masak martabak, jadi ga perlu beli pan khusus masak martabak deh.

Waktu lagi ngobrol-ngobrol dengan sepupu, dikasih link ke situs yang berisi begitu banyak makanan menggoda dan salah satunya martabak ini multiply mbak KrisD,

Oke, dari resep yang ada di situs mbak KrisD, saya modifikasi dengan mengurangi jumlah adonan juga (untuk satu loyang saja). Karena kalau bikin banyak juga ujung-ujungnya gemuk berdua doang, mau ngasih ke orang kasian juga kalau ntar ternyata rasanya kurang sip hehe.

Bahan :

Ingredients:
1 cup tepung terigu
3/4 cup santan kental (saya pake santan kotakan yang siap pakai)
1 butir telur ayam
1/4 cup gula pasir

biang:
1sendok teh yeast instant
1/2 sendok teh baking powder
1 pinch(jumput) garam atau secukupnya lah

Cara membuat, seperti yang disarankan di situs mbak KrisD, tapi ada beberapa catatan:

saya menggunakan yeast instan fermipan yang mana dituliskan tidak perlu dikembangkan lagi dan campur saja ke dalam adonan langsung, tapi demi mengikuti resep, saya tetep mengembangka yeastnya (lagi malas riset dulu, jadi ya..kalau ada yang lebih tau mengenai hal ini, saya minta tuliskan di comment yah).

martabak-adonanSaya mengembangkan yeast ini kira-kira setengah jam (sambil ditinggal kerja soalnya hehe). Lalu ditempat terpisah saya aduk telur dan gula sampai agak kembang. Saya ga punya mikser, jadi ya pakai tangan aja itung-itung olahraga. setelah itu campurkan santan, tepung ke dalam adonan, aduk rata. Terakhir campurkan garam dan baking powder ke dalam yeast yang sudah mengembang, lalu segera campurkan ke adonan tepung. Aduk sampai rata kira-kira 20 menit (dipetunjuk resepnya sih 30 menit, tapi kelamaan ah, cape :P). Lalu diamkan saja adonan sambil kerja lagi :D.

martabak-dimasakKira-kira sejam kemudian, saya panaskan pan saya. Oh ya, karena saya ga bisa melihat "api" kompor saya, saya mengatur supaya tempat masaknya tidak terlalu panas (setengah dari ukuran maksimum kompor listrik saya). Lalu masukkan adonan ke dalam pan(tanpa minyak ataupun mentega karena pan saya anti lengket). Saya putar sedikit supaya ada yang menempel dipinggiran pan, lalu tunggu sampai ada lubang-lubang di adonan. Tutup pan nya dan tunggu sampai kira-kira adonan sudah matang merata.

martabakrisnaAngkat, lalu oles mentega dan beri susu kental manis, lalu diisi sesuai selera. Karena saya sedang kehabisan keju, akhirnya diisi dengan meses sisa bikin donat hehe. Lipat 2 dan potong sesuai ukuran yang diinginkan. Lalu hidangkan dan siap disantap *yummy*

Okeh, cemilan sore hari terhidang dalam waktu relatif singkat. Selamat mencoba 🙂

2 thoughts on “Martabak Manis (dengan santan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *