Ati goreng dan Sayur Bayam Merah

Waktu belanja liat ati ampela banyak (dan murah). Katanya sih makan ati ampela banyak-banyak ga baik, tapi… kalau sesekali gak apa-apa toh. Lagipula, sudah cukup lama ga makan ati ampela, padahal suamiku doyan banget ama ati ampela goreng ala ibunya. Untung jaman sekarang ada sms, langsung tanya resepnya apa dan beli bahannya. Berikut ini resep mertua untuk ati ampela goreng

Bahan : 3 ons ati ampela (ga banyak, buat ber 3 dan sekali makan)
Bumbu : bawang putih (1), bawang merah (3), ketumbar secukupnya (kalau yang bubuk kira-kira 1/2 sdt), gula jawa sedikit dan garam kira-kira 1 sendok teh.
Persiapan : bawang dikupas dan semua bumbu di ulek sampai halus.
Ati ampela dipotong-potong (jangan terlalu kecil, tapi biar ga terlalu besar juga, hati-hati kalau masih ada empedunya yang berwarna hijau jangan sampai pecah, ntar semua jadi pahit, sebaiknya dibuang saja daripada berabe).
Cara memasak: campurkan ati ampela yang sudah dipotong-potong dengan bumbu yang sudah diulek sampai halus, biarkan meresap sebentar. Panaskan minyak goreng, lalu masukkan ati ampela ke minyak yang panas tadi. Hati-hati…akan terjadi ledakan-ledakan yang agak berbahaya, sebaiknya siapkan tutupan penggorengan. Goreng ati ampela sampai kering. Angkat dan hidangkan.

Nah berikutnya, waktu belanja sayur melihat bayam merah. Katanya sih bayam merah lebih sehat daripada bayam hijau (belum pernah membuktikan sendiri). Ya udah beli bayam 1 ikat. Dimasak rebusan aja (namanya di bening kalau ga salah). Berikut ini resepnya :

Bahan : Sayur bayam merah 1 ikat, tomat setengah
Bumbu : bawang putih (2), bawang merah (3), garam 2 sendok teh (atau sesuai selera).
Persiapan: sayur dipetik lalu dicuci (wajib dicuci), bawang-bawang diiris tipis, tomat dibelah 6.
Cara memasak : Masukkan bawang putih dan merah yang sudah diiris ke dalam air, lalu didihkan. Tambahkan garam. Lalu masukkan sayuran yang sudah dibersihkan. Tambahkan tomat. Tunggu sebentar, jangan sampai tomat terlalu layu. Angkat dan hidangkan.

Biaya yang dikeluarkan untuk makan 3 orang (di rumah ada adik iparku juga) malam ini sangat murah. Ati ampela tadi harganya sekitar 4000, sayur bayam 1 ikat harganya 1200 (kalau belanja di pasar bisa lebih murah). Untuk bawang, garam dan tomat biasanya selalu ready stock, jadi itungannya 6200 untuk lauk pauk makan bertiga, murah ga tuh!.

Waktu yang dibutuhkan memasak semuanya sebentar banget, maksimal 1 jam. Oh iya akan saya posting terpisah tips dan trik supaya ga lama-lama di dapur (halah orang pemalas memang banyak akalnya biar bisa tetap bermalas-malasan ya :-P).

2 thoughts on “Ati goreng dan Sayur Bayam Merah

  1. duh bayam dicampur tomat?
    jangan dong tar bia rusak tuh kandungan zat besi bayam kalo dimasak bareng tomat yang kandungannya sebagian besar vit c
    resepnya oke, tapi mending tomatnya dipisah dibikin sambel aja yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *