Carrot Bread

Langkah 11

Masih dalam rangka bikin camilan sehat yang tidak banyak telur, tidak terlalu manis dan bisa dimakan oleh Jonathan. Sebelumnya sudah sering mencicipi carrot bread/cake, tapi baru tergerak untuk mencoba bikin waktu diundang makan malam di rumah salah seorang teman Indonesia di ChiangMai. Setelah googling sana-sini, diputuskan memodifikasi resep dari sini : http://allrecipes.com/recipe/cinnamon-carrot-bread/

Pada dasarnya resepnya mirip dengan resep banana bread, tapi masih belum berani untuk mengubah pisang jadi wortel doang karena takaran bahan agak berbeda. Untuk mengurangi rasa manisnya takaran gula putih saya kurangi dan menambahkan raisins ke dalamnya (selain ga punya pecans seperti yg disebutkan di dalam resep). Kadang-kadang saya campurkan juga keju parut dan rasanya jadi lebih yummy.

Oke langsung saja ke bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

ฺฺิิBahan-bahan

  • 1/4 cup gula putih 
  • 1/2 cup brown sugar
  • 3/4 cup minyak jagung 
  • 2 cup tepung terigu serba guna
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis
  • 2 telur dikocok
  • 1 pinch garam
  • 1 cup wortel diparut 
  • 1/2 cup raisins (opsional)
  • 1/2 teaspoon vanilla extract

Cara membuat:

Langkah 1: Aduk gula dan minyak sampai rata

Langkah 1

Langkah 2: Masukkan baking soda dan baking powder dan garam ke dalam adonan, aduk rata, lalu tambahkan terigu dan bubuk kayu manis. Aduk sampai rataLangkah 2

Langkah 3: Kocok telur ditempat terpisah

Langkah 3

Langkah 4: Masukkan telur ke dalam adonan di langkah 2, lalu aduk sampai rata

Langkah 4

Langkah 5: Tambahkan raisins kedalam adonan, aduk rata Langkah 5

Langkah 6: Tambahkan wortel parut dan vanilla dan aduk rata

Langkah 6

Langkah 7: Masukkan adonan yang sudah rata ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas

Langkah 7

Langkah 8: Panggang di dalam oven 175 derajat celcius selama 45 – 60 menit. Perhatikan saja apakah sudah berwarna coklat dan aromanya sudah wangi, bisa juga di test dengan menusukkan tusuk gigi. Oven sudah dipanaskan terlebih dahulu di langkah sebelumnya, kalau saya biasanya memanaskan oven pada saat mulai mencampur adonan.

Langkah 8

Langkah 9: Keluarkan dari oven dan diamkan sekitar 5 menit sebelum dikeluarkan dari loyang.Langkah 9

Langkah 10: Keluarkan dari loyang dengan mengangkat kertas lapisan loyang. Diamkan sampai dingin sebelum mulai mengirisnya dan mencicipinya.

Langkah 10

Jika tidak punya kertas baking, loyang bisa di oles dengan butter sebelum memasukkan adonan supaya adonan tidak lengket, tapi saya lebih suka pakai kertas karena lebih gampang melepaskan kue dari loyang. Permukaan carrot bread ini lebih gampang remah dibanding banana bread, saya masih belum tau kenapa.

Membuat carrot bread ini melibatkan memarut wortel yang berarti perlu tambahan waktu dalam persiapannya (atau dalam mencuci peralatan masaknya), saya merasa membuat banana bread jauh lebih mudah dan cepat. Tapi untuk variasi supaya tidak bosan selain masalah terkadang kehabisan pisang, yaaa bikin carrot bread juga boleh deh. Yang penting ada camilan sehat buat sekeluarga. Yuk langsung dicoba resepnya.

One thought on “Carrot Bread

  1. Pingback: Pumpkin Bread | Masakan Pemalas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *