Categories
beverage fast and easy

Bala bala

Bakwan / bala - bala
Setelah di Chiang Mai baru berasa gunanya belajar masak cemilan enak tapi gampang ini. Kalau dulu, mikirnya ah buat apa bersusah payah masak bala-bala, tinggal jalan dikit bisa diperoleh dengan mudah di mana saja.

Belakangan harganya memang semakin mahal di Bandung apalagi Jakarta, beli gorengan 5 rebu ga berasa sekejap abis. Tapi kalau disini, mau bayar berapa juga ya ga ada yang jual. Pertanyaan yang sama dengan tempe, kenapa ya begitu banyak makanan Indonesia yang mirip dengan makanan Thailand, kenapa makanan yang enak tidak tersedia?

Anyway, ini lagi rajin foto bala-bala nya, fotonya rada ngasal hehe. Kalau mau lihat resepnya, silahkan melirik postingan sebelumnya yah.

Categories
fast and easy instant food

Gulai Ayam bumbu instan Indofood

Ceritanya mau nyoba membuat gulai ayam lagi, kali ini pengen menambahkan kentang ke dalamnya. Waktu mau membeli bumbu instan, ternyata ada bumbu instan gulai dari Indofood, kalau dari harga Indofood lebih mahal dari sajiku, tapi tertulis kalau bumbu Indofood ini sudah termasuk santan, jadi tidak perlu beli santan lagi. Well, walaupun tetap membeli Santan Kara (kali ini beli yang cair dengan niat untuk masak puding santan), dipilihlah bumbu Indofood ini.

Petunjuk memasaknya sudah tertera dibelakangnya. Pada dasarnya hampir sama dengan cara memasak bumbu Sajiku, bedanya bumbu sajiku berbentuk bubuk, sedangkan bumbu Indofood berbentuk cairan kental (ya iya karena sudah mengandung santan). Rebus ayam sampai lunak, tambahkan bumbu Indofood. Icip-icip..hemm..kok rasanya kurang sesuatu yah, ya sudah saya masukkin lagi aja santan karena sepertinya kurang sip, warnanya juga kurang oke, sepertinya bumbu Indofood ini baunya terlalu keras kari nya, mungkin lebih cocok untuk menggulai daging daripada menggulai ayam. Oh ya kentang dimasukkan bersamaan dengan memasukkan bumbu. Biarkan sampai kuahnya mengental.

Anyway, agak kecewa dengan bumbu Indofood, warna dan aromanya tidak seperti yang dibayangkan :(, selain itu, bumbu Indofood kurang garam. Hemm..mungkin masalah selera saja yah, yang jelas suamiku bilang sih yang ini juga enak, tapi lebih enak yang memakai bumbu Sajiku. Lain kali kalau masak ayam pake Sajiku aja kali ya.

Categories
fast and easy instant food

Gulai Ayam bumbu instan Sajiku

Agak bosan dengan goreng ayam, goreng ikan dan goreng gorengan lain. Pengen masak yang berbeda tapi ga mau repot. Berbekal bertanya pada ibu dan mertua, hmm..diputuskan mau memasak gulai ayam. Tapi…ada tapinya, bumbu di rumah ga lengkap, dan masih berat rasanya menggiling bumbu sendiri. Aha..! untung ada bumbu gulai Sajiku. Oh ya, kebetulan sebelumnya sudah menyediakan santan kara yang berbentuk tepung (soalnya waktu beli ga yakin berapa lama lagi akan dipakai, dan dengan alasan biar nyimpennya bisa lebih lama).

Kemarin beli dada ayam sekitar 7 ons, di potong 8 masih pada kegedean, akhirnya dipotong-potong lagi. Lumayan dapatnya cukup banyak potongan. Kira-kira sekitar 1/2 kg akan dimasak gulai (1 kemasan bumbu gulai untuk 1/2 kg daging/ayam menurut petunjuknya), sisanya disimpan dikulkas untuk digoreng. Untuk menambah rasa dan aroma, selain bumbu instan dari Sajiku, tambahkan daun salam dan sereh yang dimemarkan.

Cara memasaknya sangat gampang, ikuti petunjuk yang ada dibelakang kemasan bumbu instan :). Didihkan air, masukkan daging ayam, bumbu gulai Sajiku, sereh dan daun salam sampai daging ayam cukup matang (sebagian proses memasak dagingnya sebelumnya bisa juga dibantu dengan microwave kalau punya microwave). Setelah mendidih tambahkan santan kental ke dalamnya. Aduk-aduk sampai kuahnya agak mengental.

Bumbu gulai Sajiku ini sudah ada garamnya, sudah asin, tapi bisa juga dicicipi dulu apakah rasa asinnya sudah cukup atau belum sesuai selera. Oh ya untuk membuat santan dari yang berbentuk tepung cukup ditambahkan dengan air panas saja (sesuai dengan petunjuk dibelakang kemasan).

Katanya sih bumbu instan itu kurang sip atau ada kurangnya, tapi…hasil masakan saya kemarin ga ketauan tuh pake bumbu giling atau bumbu instan, siapa dulu yang masak hehehe. Yang pasti hasil masakan walau instan laris manis!. Hehehe…

Categories
experimental fast and easy

Sayur Bening

Lama tak posting karena koneksi internet yang tak dapat diandalkan, dan…karena emang ga sempet online juga *halah sok sibuk!*. Yang jelas…setiap hari walaupun dengan bermalas-malasan masih tetap masak kok. Berikut ini beberapa variasi sayur bening andalan kemalasan yang di masak beberapa kali.

Sayur bening itu pada dasarnya isinya cuma bawang putih dan bawang merah yang diiris tipis, berapa siungnya ya disesuaikan saja dengan selera dan jumlah sayur yang dimasak dan tentunya ya garam dan kalau suka dikasih tomat, semuanya dimasukkan ke dalam air mendidih.

Supaya tidak bosan, beberapa kombinasi sayur yang bisa dibening adalah: Bayam + Tauge, Sawi + Tauge, Selada Air. Untuk memudahkan, seperti biasa, selesai belanja atau paling tidak besoknya semua sayur disiangi (istilah untuk dipetik lalu dicuci bersih), simpan dalam wadah plastik tertutup rapat (ga harus merk Tupperware kok). Masaknya ya tinggal sebentar, apalagi sayur-sayuran di atas tidak boleh lama-lama masaknya.

Oh ya, kalau dulu masakan ibuku di Medan, sayuran bening di kasih cabe sedikit (bukan untuk pedas, biar enak saja), tapi ternyata resep mertuaku ga pake Cabe, jadi ya..disesuaikan dengan lidah yang makan saja. Kalau ibuku, biasanya tauge itu sebelum di masak pasti di petikin dulu akar2nya. Nah..kalau rajin ya monggo dipotongin akarnya, kalau aku sih tergantung mood. Kemaren pernah rajin sambil nonton film metikin tauge, tapi terakhir kali beli tauge diperhatikan sepertinya taugenya ga terlalu banyak akarnya, dan waktu mencucinya beberapa akar patah sendiri, jadi ya..biarkan saja begitu (yang makan ga ngeh kok ada akarnya atau nggak :P). Tapi sepertinya sih emang lebih baik dipetikin akarnya, lebih…afdol aja rasanya tanpa akar.

Categories
fast and easy mom's recipe

Ati goreng dan Sayur Bayam Merah

Waktu belanja liat ati ampela banyak (dan murah). Katanya sih makan ati ampela banyak-banyak ga baik, tapi… kalau sesekali gak apa-apa toh. Lagipula, sudah cukup lama ga makan ati ampela, padahal suamiku doyan banget ama ati ampela goreng ala ibunya. Untung jaman sekarang ada sms, langsung tanya resepnya apa dan beli bahannya. Berikut ini resep mertua untuk ati ampela goreng

Bahan : 3 ons ati ampela (ga banyak, buat ber 3 dan sekali makan)
Bumbu : bawang putih (1), bawang merah (3), ketumbar secukupnya (kalau yang bubuk kira-kira 1/2 sdt), gula jawa sedikit dan garam kira-kira 1 sendok teh.
Persiapan : bawang dikupas dan semua bumbu di ulek sampai halus.
Ati ampela dipotong-potong (jangan terlalu kecil, tapi biar ga terlalu besar juga, hati-hati kalau masih ada empedunya yang berwarna hijau jangan sampai pecah, ntar semua jadi pahit, sebaiknya dibuang saja daripada berabe).
Cara memasak: campurkan ati ampela yang sudah dipotong-potong dengan bumbu yang sudah diulek sampai halus, biarkan meresap sebentar. Panaskan minyak goreng, lalu masukkan ati ampela ke minyak yang panas tadi. Hati-hati…akan terjadi ledakan-ledakan yang agak berbahaya, sebaiknya siapkan tutupan penggorengan. Goreng ati ampela sampai kering. Angkat dan hidangkan.

Nah berikutnya, waktu belanja sayur melihat bayam merah. Katanya sih bayam merah lebih sehat daripada bayam hijau (belum pernah membuktikan sendiri). Ya udah beli bayam 1 ikat. Dimasak rebusan aja (namanya di bening kalau ga salah). Berikut ini resepnya :

Bahan : Sayur bayam merah 1 ikat, tomat setengah
Bumbu : bawang putih (2), bawang merah (3), garam 2 sendok teh (atau sesuai selera).
Persiapan: sayur dipetik lalu dicuci (wajib dicuci), bawang-bawang diiris tipis, tomat dibelah 6.
Cara memasak : Masukkan bawang putih dan merah yang sudah diiris ke dalam air, lalu didihkan. Tambahkan garam. Lalu masukkan sayuran yang sudah dibersihkan. Tambahkan tomat. Tunggu sebentar, jangan sampai tomat terlalu layu. Angkat dan hidangkan.

Biaya yang dikeluarkan untuk makan 3 orang (di rumah ada adik iparku juga) malam ini sangat murah. Ati ampela tadi harganya sekitar 4000, sayur bayam 1 ikat harganya 1200 (kalau belanja di pasar bisa lebih murah). Untuk bawang, garam dan tomat biasanya selalu ready stock, jadi itungannya 6200 untuk lauk pauk makan bertiga, murah ga tuh!.

Waktu yang dibutuhkan memasak semuanya sebentar banget, maksimal 1 jam. Oh iya akan saya posting terpisah tips dan trik supaya ga lama-lama di dapur (halah orang pemalas memang banyak akalnya biar bisa tetap bermalas-malasan ya :-P).