Bayam Keju Panggang dan Nasi Bayam Panggang

Beberapa waktu lalu saya dan Joe makan di sebuah restoran pizza tapi kami tidak memilih menu pizza. Kami tertarik dengan satu menu unik: bayam panggang!. Jadi intinya bayam dikasih keju dan sedikit daging cincang di panggang. Setelah pulang dari situ, Joe meminta saya untuk membuat bayam panggang versi saya sendiri.

20100813-IMG_0020Akhirnya saya mencoba bereksperimen. Intinya sih semua tergantung selera saja untuk takarannya. Bahkan bayam bisa diganti dengan brokoli dan atau ditambah nasi dan atau makaroni/pasta.20100813-IMG_0007

Berikut ini bahan-bahan dasarnya:

  • Telur 2 butir (bisa juga 1 butir)
  • Butter unsalted seperlima batang
  • tepung 2 sendok
  • keju parut (saya pakai kraft) secukupnya dan sesuai selera
  • garam sedikit — ga pakai juga nanti asinnya sudah ada dari keju
  • daging lembaran atau sosis plus ikan kaleng — apa aja deh sesuai selera
  • bayam atau brokoli
  • nasi atau pasta
  • susu uht plain 250 ml

Bahan-bahan ini bisa untuk 2 loyang ukuran 175mm X 130 mm x 35 mm

Pada dasarnya cara membuatnya adalah: campurkan semua bahan :)). Tapi ada yang perlu diingat, butter harus dicairkan dulu. Ini sengaja saya foto butter yang akan saya pakai kira-kira segini:

20100813-IMG_0008

Berikutnya masukkan daging dan ikan yang sudah dipotong-potong ke dalam butter yang sudah cair (apinya jangan besar yah, kecil ajaaa). Masukkan susu dan juga sedikit keju parut, lalu tepung. Aduk semuanya sampai rata (sebentar saja). Di tempat terpisah telur di aduk dulu (jangan langsung masukkan ke butter yang panas).

20100813-IMG_0009

Matikan api, masukkan telur yang sudah diaduk rata  ke dalam campuran bahan yang ada, lalu terakhir masukkan bayam yang sudah diiris. Sekarang adonan siap dimasukkan loyang.

20100813-IMG_0010

Masukkan adonan bayam ke dalam loyang, taburkan keju diatasnya sesuai selera. Untuk yang nasi, masukkan nasi terlebih dahulu, lalu adonan bayam dan terakhir beri saos prego diatasnya.

Panaskan oven 220 derajat celcius, api atas dan bawah. Lalu masukkan loyang ini ke dalam oven, panggang selama 20 menit.

20100813-IMG_0011

Berikut ini kira-kira penampakan 20 menit kemudian. Keju parutnya sudah berwarna kuning keemasan, dan adonan tidak terlihat mendidih lagi.

20100813-IMG_0014

Siap dihidangkan untuk cemilan ataupun sarapan pagi 😀

20100813-IMG_0022

Makanan begini juga bisa buat bekal piknik, semua sesuai selera kita saja. Yang jelas sudah ada nasi, ada sayur ada dagingnya juga yang banyaknya pun sesuai selera kita. Yang jelas, isinya bisa divariasikan apa aja deh yg ada di kulkas kita, dan masaknya ga perlu ditungguin, tinggal masukin oven dan 20 menit kemudian voila…kita bisa menikmatinya 😀

4 thoughts on “Bayam Keju Panggang dan Nasi Bayam Panggang

  1. salam kenal…
    nama blognya lucu tapi ternyata sip.praktis. resep menarik buat sarapan n bisa juga nih buat baby yang udah 11bulan kayak anakku.makasih mbak…

  2. Pingback: Brokoli sosis baso panggang | Masakan Pemalas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *