About risna

a housewife who recently learns to knit and crochet, lives in Chiang Mai since 2007, so must learn Thai Language, and had some part time job to do documentation with LaTeX and welcoming for a new family member at the end of 2010

Bakwan Jagung

Ini salah satu resep dari ibu mertua saya. Sebelum menuliskan ini sebenarnya saya terpikir apakah bedanya bakwan dengan perkedel? dan sejujurnya saya tidak tau apa bedanya. Tapi berhubung keluarga suami saya menyebutnya bakwan, maka..saya sebut saja yang saya masak hari ini bakwan jagung.

Bahan: jagung manis mentah 1, wortel mentah 1, telur 1, terigu secukupnya (ga punya timbangan hehe)
Bumbu : bawang putih 2, garam dan lada secukupnya, daun bawang 3 helai (ga tau satuan daun bawang)
Persiapan : jagung manis disisir / di giling tapi ga harus halus banget, wortel dipotong tipis seperti lidi, bawang putih dan lada dan garam diulek sampai halus.
Cara memasak : Telur diaduk, tambahkan bumbu yang sudah diulek halus, tambahkan jagung dan wortel, lalu tambahkan terigu sampai cukup kental (jika terlalu kental bisa ditambah air). Setelah adonan jadi ya goreng ke dalam minyak panas, tuangkan ke minyak pakai sendok, jangan dituang sekaligus semuanya heeheh.

Saya tadi agak gagal masaknya, terlalu tebal, jadi kurang kering tengahnya, tadi masaknya agak buru-buru sih, cuma jadi 10 potong dari 1 jagung (tapi ya itu potongannya tebel2, seharusnya bisa jadi 15 potong kali ya).

Hari ini selain masak bakwan jagung cuma rebus waluh (lagi :P) dan menggoreng ikan yang sudah dibersihkan sepulang belanja, jadi waktu untuk mempersiapkan masakan ya tergolong cepat, semuanya selesai dalam waktu 1 jam. Ngerebus waluh bisa diparalel dengan goreng menggoreng. Oh ya untuk menghemat minyak, saya menggoreng bakwan dulu baru menggoreng ikan, alasannya ya biar bakwannya ga bau ikan dan minyaknya ga keburu kotor.

Oke selamat mencoba resep ibu mertua saya :).

Memasak lebih cepat

Untuk mempercepat proses memasak dan tidak berlama-lama di dapur, beberapa tips ini mungkin berguna:

  • Sayur yang berupa daun-daunan dipetik dan dicuci sebelum masuk kulkas.
  • Tomat dicuci sebelum masuk kulkas, di tempatkan dalam wadah yang bersih
  • Jika punya waktu senggang misalnya sambil menonton tipi, bisa mengupas bawang putih dan bawang merah untuk keperluan masak beberapa hari. Bawang yang sudah dikupas tahan seminggu dikulkas, bawang yang belum dikupas jangan disimpan di dalam kulkas
  • Ikan dicuci bersih dan diberi asam garam sebelum masuk freezer
  • daging / ayam juga sebaiknya dicuci bersih sebelum masuk freezer

Setidaknya dengan begini pekerjaan bersih-bersih cukup dilakukan pulang belanja saja. Selanjutnya bisa lebih cepat memasaknya :-). Semoga tips ini berguna untuk para wanita yang ga suka berlama-lama di dapur.

Kegunaan lain dari membersihkan sayuran ataupun ikan sebelum masuk kulkas untuk menjaga kebersihan kulkas.

Ati goreng dan Sayur Bayam Merah

Waktu belanja liat ati ampela banyak (dan murah). Katanya sih makan ati ampela banyak-banyak ga baik, tapi… kalau sesekali gak apa-apa toh. Lagipula, sudah cukup lama ga makan ati ampela, padahal suamiku doyan banget ama ati ampela goreng ala ibunya. Untung jaman sekarang ada sms, langsung tanya resepnya apa dan beli bahannya. Berikut ini resep mertua untuk ati ampela goreng

Bahan : 3 ons ati ampela (ga banyak, buat ber 3 dan sekali makan)
Bumbu : bawang putih (1), bawang merah (3), ketumbar secukupnya (kalau yang bubuk kira-kira 1/2 sdt), gula jawa sedikit dan garam kira-kira 1 sendok teh.
Persiapan : bawang dikupas dan semua bumbu di ulek sampai halus.
Ati ampela dipotong-potong (jangan terlalu kecil, tapi biar ga terlalu besar juga, hati-hati kalau masih ada empedunya yang berwarna hijau jangan sampai pecah, ntar semua jadi pahit, sebaiknya dibuang saja daripada berabe).
Cara memasak: campurkan ati ampela yang sudah dipotong-potong dengan bumbu yang sudah diulek sampai halus, biarkan meresap sebentar. Panaskan minyak goreng, lalu masukkan ati ampela ke minyak yang panas tadi. Hati-hati…akan terjadi ledakan-ledakan yang agak berbahaya, sebaiknya siapkan tutupan penggorengan. Goreng ati ampela sampai kering. Angkat dan hidangkan.

Nah berikutnya, waktu belanja sayur melihat bayam merah. Katanya sih bayam merah lebih sehat daripada bayam hijau (belum pernah membuktikan sendiri). Ya udah beli bayam 1 ikat. Dimasak rebusan aja (namanya di bening kalau ga salah). Berikut ini resepnya :

Bahan : Sayur bayam merah 1 ikat, tomat setengah
Bumbu : bawang putih (2), bawang merah (3), garam 2 sendok teh (atau sesuai selera).
Persiapan: sayur dipetik lalu dicuci (wajib dicuci), bawang-bawang diiris tipis, tomat dibelah 6.
Cara memasak : Masukkan bawang putih dan merah yang sudah diiris ke dalam air, lalu didihkan. Tambahkan garam. Lalu masukkan sayuran yang sudah dibersihkan. Tambahkan tomat. Tunggu sebentar, jangan sampai tomat terlalu layu. Angkat dan hidangkan.

Biaya yang dikeluarkan untuk makan 3 orang (di rumah ada adik iparku juga) malam ini sangat murah. Ati ampela tadi harganya sekitar 4000, sayur bayam 1 ikat harganya 1200 (kalau belanja di pasar bisa lebih murah). Untuk bawang, garam dan tomat biasanya selalu ready stock, jadi itungannya 6200 untuk lauk pauk makan bertiga, murah ga tuh!.

Waktu yang dibutuhkan memasak semuanya sebentar banget, maksimal 1 jam. Oh iya akan saya posting terpisah tips dan trik supaya ga lama-lama di dapur (halah orang pemalas memang banyak akalnya biar bisa tetap bermalas-malasan ya :-P).

Mackerel Goreng Balado dan Waluh Rebus

Hari ini kehabisan bawang putih dan bawang merah. Mau ke warung malas, di luar panas sekali. Dari kemaren suami pengen makan ikan kalengan yang sudah lama dibeli tapi tak kunjung dimasak. Ya sudah, hari ini masakan instan untuk pemalas :p.

Mengolah ikan kalengan:
Bahan : Ikan kaleng Mackerel Goreng Balado (belinya yang merek gaga, ukuran 100gr), tomat 1 buah.
Persiapan: Buka kalengnya :P, supaya bumbunya ga nyisa isi kaleng kosong dengan air kira-kira sampai sepertiganya, lalu tuang airnya.
Memasaknya ya gampang banget, masukin aja semuanya ke penggorengan, tambahkan tomat yang udah dibelah jadi 8, lalu biarkan sampai tomatnya agak layu.

Mengolah waluh (labu siam). Karena waluhnya yang kecil-kecil, ga perlu dibelah, tinggal di cuci bersih, lalu rebus bersama air garam. Biarkan sampai waluhnya bisa dipotong dengan ujung sendok . Hidangkan tanpa air rebusannya.

Waktu yang dibutuhkan untuk makanan seperti diatas sebentar banget, paling lama 20 menit (itu juga ga perlu ditungguin). Ga pake ngiris sih hehe… Kalau rajin sebenernya untuk ikan kalengan bisa ditambahkan bawang putih dan bawang merah serta cabe yang ditumis terlebih dahulu, tapi..tanpa menambahkan bumbu juga rasanya udah enak kok. Oh iya, yang dimasak barusan buat 2 orang sekali makan habis semuah…

Telur tomat untuk sarapan

Untuk sarapan besok rencananya masak telur tomat ala mamaku. Kemarin sih udah pernah masak ini, tapi tidak ada salahnya diulang. Telur tomat ini lebih sehat daripada mie instan.

Bumbu : bawang putih (2), bawang merah (3), cabe merah (2), sereh (2 batang), jahe (dikit aja), daun salam (3 lembar), garam secukupnya
Bahan : telur 3 butir dan tomat 1 dipotong 8.
Persiapan: Bawang putih di keprok lalu diiris, bawang merah diiris, cabe merah diiris, sereh di keprok, jahe di keprok
Cara memasak: panaskan blueband kira-kira 2 sendok makan (secukupnya untuk menumis), masukkan bawang putih, oseng-oseng sampai harus, masukkan bawang merah lalu cabe merah. Setelah semua wangi tambahkan air sesuai banyaknya telur yang ingin di masukkan (itung aja kira-kira seorang 1 lah). Setelah airnya mendidih masukkan garam, sereh dan jahe sekaligus. Biarkan sampai wanginya keluar. Lalu pecahkan telurnya tepat diatas air. Jangan diaduk!, nanti telurnya hancur. Biarkan beberapa menit sampai kira-kira kuning telurnya matang. Terakhir masukkan tomat yang sudah dipotong-potong dan daun salam. Biarkan beberapa saat, tetapi jangan sampai tomatnya terlalu layu.

Oke selesai. Jangan lupa kalau sereh, jahe dan daun salam jangan ikut dihidangkan. Wah menuliskan resep ini saja saya terbayang aroma telur tomatnya, jadi laparrrr…. Telur tomat di hidangkan panas-panas, di makan dengan nasi putih saja sudah merupakan sarapan yang sangat mengenyangkan :). Oh ya, waktu yang diperlukan untuk memasak ini sangat sebentar, ya..bisa dibilang hampir sama dengan waktu masak mie instan lah.

Bandeng Presto, Tofu dan Oseng Buncis

Menu sederhana hari ini adalah Bandeng Presto Goreng, Tofu dan sayur Buncis. Saya akan mencoba menuliskannya, maafkan kalau ada penggunaan kata yang kurang dimengerti, karena saya juga kurang paham dengan terminologi dalam masak memasak.

Paling gampang pertama adalah tofu goreng. Potong tofunya sekitar setengah cm, celupkan ke telur yang sudah diaduk lalu goreng ke dalam minyak yang sudah panas. Paling gampang berikutnya tentu saja Bandeng Presto Goreng, karena tinggal potong sesuai selera, celupkan ke telur yang sudah diaduk (bekas tofu kalau masih bersisa) lalu digoreng.

Untuk mencegah terlalu banyak makan telur dan terlalu boros minyak goreng, saya menggoreng tofu terlebih dahulu baru ikan. Kenapa tofu dulu? karena kalau ikan dulu nanti minyaknya keburu bau ikan, dan tofu rasa ikan sepertinya aneh, tapi kalau tofu dulu baru ikan ga masalah harusnya. Minyak goreng bekas tofu juga bisa dipakai lagi untuk menggoreng ikan, kalau rasanya minyaknya kurang ya.. ditambah lagi lah.

Nah yang agak lama menyiapkannya adalah sayur. Lama… karena saya belum ahli mengiris dengan cepat.
Bumbu : bawang putih (3 biji), bawang merah (2 biji karena agak besar), cabe (2 biji), garam secukupnya (pada dasarnya semua bahan sesuai selera, mau terasa bawang atau terasa pedas, atau terasa asin).
Bahan : sayur buncis dan petai cina kecil (aduh ga tau namanya, tapi ada di kulkas :P) dan sisa tofu yang hancur kalau salah milih tofu seperti saya :p.
Persiapan: Iris bawang putih, bawang merah dan cabe. Iris sayurannya tipis miring.
Panaskan blueband kira-kira 3 sendok makan, masukkan bawang putih, bawang merah dan cabe. (Dimasukkan berurutan, dan tunggu setiap kali bumbu sebelumnya mulai wangi). Masukkan sisa tofu (kalau waktu motongnya kebetulan ada yang hancur). Oseng-oseng sebentar…lalu masukkan sayuran yang sudah diiris. Tambahkan air kira-kira setengah gelas, lalu tambahkan garam. Tutup sampai sayurannya masak.

Petunjuk: sayuran masak kalau sudah mulai wangi dan cukup lunak, bisa dicoba apakah sudah bisa dipotong dengan mudah menggunakan ujung sendok masak.

Berdasarkan pengalaman, waktu yang diperlukan untuk memasak semuanya kira-kira sejam, karena saya belum bisa masak paralel antara menggoreng ikan sambil masak sayur (selain karena saya masih belum bisa cepat dalam mengiris). Well, sejam didapur rasanya tidak terasa untuk menyenangkan hati suami toh!. Untuk eksperimen selanjutnya, jika ada udang atau ati ampela bisa juga ditambahkan ke dalam sayurnya.