Donat (tanpa kentang)

donat Sebenarnya emang belum pernah bikin donat kentang, selalu bikin donat tanpa kentang, tapi sengaja judulnya begini, karena aslinya donat ini pake resep donat kentang dari temen gue yang dapat dari temennya lagi hehe… panjang ya perjalanan resep donat.

Kemaren malam ceritanya beli cetakan donat, maka dengan semangat tinggi, mulailah masak walaupun sudah tengah malam :). Berdasarkan pengalaman terakhir kali ini adonannya pake setengah resep saja (pengennya sepertiga resep kalau bisa sih). Tapi sepertinya adonan gue terlalu lengket untuk bisa dicetak dengan cetakan yang dibeli itu. Atau mungkin sayanya aja yang ga ahli hehehe. Akhirnya cetak pake tangan lagi, di bulet-buletin, bikin tengahnya pake tangan, diputar-putar, jadi deh donat :). Padahal adonannya sudah kalis, dan mengikuti petunjuk yang temen gue berikan itu.

 

Sengaja bikinnya kecil-kecil juga, biar makannya gampang hehe. Terus untuk hiasan donatnya paling gampang nih pake gula halus. Tinggal masukin sedikit gula halus ke plastik terpisah, masukin donat yang sudah dingin ke dalam gula halusnya, lalu di aduk di dalam plastik (ide ini saya tiru dari tukang donat yang dulu sering lewat di depan rumah saya waktu saya masih kecil). Cara ini jauh lebih mudah dibandingkan harus mengoles mentega ke setiap donat dan menaburi meses ataupun keju lagi. Tapi ya.. kalau Anda memang suka keju apa boleh buat, sedikit kerja lagi ya tak mengapalah.

Oh ya, tips untuk masak donat yang berbentuk ring juga adalah, saya tidak menggunakan spatula sama sekali, saya cuma bermodalkan sumpit dan tirisan minyak (aduh ga tau istilahnya apa). Jadi mengangkat donatnya gampang, masukin saja donatnya ke dalam sumpit (cukup 1 saja), dan langsung ditiriskan minyaknya di tirisan minyak.

Di bandingkan dengan eksperimen bikin donat sebelumnya, cara bikin yang ini lebih mudah dan donatnya juga tidak terlalu berminyak, dan untuk bikin donat yang ini sudah tentu tidak dibutuhkan mikser sama sekali, cukup sediakan tenaga Anda untuk berjuang membuat adonan sampai kalis hehehe. Kemarin rasanya jari agak keram kok ya adonan ga lepas juga dari tangan. Tapi akhirnya jadi juga deh. Bahan yang dibutuhkan untuk donat ini juga lebih sedikit gula dan lebih sedikit susu. Jadi ya… sepertinya lain kali bikin donat saya akan ikutin resep yang sekarang saja daripada yang sebelumnya.

Oke deh, selamat mencoba ya. Sengaja resep tidak saya tuliskan lagi, lihat di blog temen saya ini saja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *