Sayur Santan (Lodeh?)

Waktu mertua datang ke rumah, beliau beli terong tapi gak sempat dimasak. Setelah beberapa hari bingung mau diapain terongnya, akhirnya nanya ke mertua. Dikasih saran dibuat sayur lodeh saja. Hmm… pernah sih diajarin, tapi tidak menyimak bumbunya apa saja. Akhirnya bingung…ngung..ngung. Coba search di internet… ada berbagai resep sayur lodeh dengan bumbu yang berbeda-beda. Bingung kan!. Akhirnya..bereksperimen bikin sayur sendiri, ga tahu apakah ini bisa dikategorikan sayur lodeh, tapi untuk tidak mengelirukan, kita sebut sayur santan saja.

Bahan bumbu digiling:
4 Bawang putih
5 Bawang merah
3 Cabe merah
2 Cabe rawit
1/2 cm kencur
1/2 cm kunyit
Garam secukupnya

Bumbu tambahan:
3 lembar daun salam
1 batang sereh di keprok Continue reading

Bumbu Ungkap Ayam

Setelah beberapa kali masak ayam dengan bumbu instan, kali ini meniru resep mengungkap ayam dari mertua. Kebetulan beberapa kali disuruh ngulekin bumbu kalau lagi datang atau kalo lagi berkunjung ke mertua. Tadi sudah dicoba, dan rasanya bolehlah… hehe.. masih ga pede sih, tapi harus dicatat sebelum lupa, oh ya berikut ini untuk kira-kira 1 kilo ayam:

Bumbu Halus:
7 siung Bawang Merah
5 siung Bawang Putih
5 Cabe Merah
kunyit 1/2 cm
Garam Secukupnya

Bumbu dikeprok:
Jahe 2 cm
Lengkuas 2 cm
Sereh 2 batang

Bumbu Lainnya:
Daun salam 3 lembar
Gula jawa sedikit

Cara membuat :
Masukkan semua bumbu ke dalam air kira-kira sampai terendam ayamnya. Aduk-aduk bumbu biar tercampur semuanya, masukkan ayamnya. Masak sampai airnya berkurang dan ayamnya cukup lembut. Sebelum dihidangkan nantinya ayamnya tinggal digoreng.

Pempek Palembang

Ceritanya kemarin nyobain bikin pempek palembang, resepnya dapat dari seorang teman yang asli palembang. Udah 2 kali nyobain, yang pertama agak gagal, gagalnya karena kebanyakan air, jadilah tepungnya harus dibanyakin, akhirnya rasa ikannya kurang berasa. Berikut ini resep idealnya:

Bahan Kuah Cuko
bumbu halus
5 siung bawang putih
1/2 ons cabe rawit (atau sesuai pengen pedasnya)
garam secukupnya

bumbu lain
asam jawa 1 sdm
gula merah sampe kuah itam (sesuai selera juga)

cara membuat kuah:
gula merah+asem jawa+air 1.5L di godok sampai sisa 3/4nya, masukkan bumbu halus.
catatan: sengaja ga pake cuka, katanya cuka itu bikin gigi rusak, asam jawanya udah bikin rasa asam kok,tetep enak tanpa cuka

Bahan Pempek
250gr tenggiri dihaluskan
250gr sagu tani
1 butir telur
200 cc air
garam secukupnya

cara membuat:
Campurkan telur ke dalam tenggiri yang sudah dihaluskan, tambahkan sagu sedikit demi sedikit sambil diuleni. Jangan dibanting atau ditekan keras nanti jadi lembek /keras. Sebelum tepung habis tambahkan air sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis.
Bentuk adonan sesuai selera
rebus dalam air yg ditambahkan minyak sedikit
setelah mengambang biarkan agak lama baru angkat dan tiriskan
siram dengan air dingin sebentar, tiriskan
kukus kira-kira 30 menit (supaya tahan beberapa hari)

Untuk menghidangkan bisa digoreng lalu diberi kuah, atau di potong kecil dan didadar dalam telur.

Kuah bisa ditambahkan timun iris dan ebi goreng.

Sejujurnya saya pemula dalam hal membuat pempek ini, tapi rasanya setelah percobaan kedua sudah lebih baik dan terasa ikannya. Masih penasaran pengen nyoba lagi, tapi belum ada waktu euy… btw buat orang palembang asli, jika ada yang salah tolong dikoreksi ya…