Bakwan Jagung

Ini salah satu resep dari ibu mertua saya. Sebelum menuliskan ini sebenarnya saya terpikir apakah bedanya bakwan dengan perkedel? dan sejujurnya saya tidak tau apa bedanya. Tapi berhubung keluarga suami saya menyebutnya bakwan, maka..saya sebut saja yang saya masak hari ini bakwan jagung.

Bahan: jagung manis mentah 1, wortel mentah 1, telur 1, terigu secukupnya (ga punya timbangan hehe)
Bumbu : bawang putih 2, garam dan lada secukupnya, daun bawang 3 helai (ga tau satuan daun bawang)
Persiapan : jagung manis disisir / di giling tapi ga harus halus banget, wortel dipotong tipis seperti lidi, bawang putih dan lada dan garam diulek sampai halus.
Cara memasak : Telur diaduk, tambahkan bumbu yang sudah diulek halus, tambahkan jagung dan wortel, lalu tambahkan terigu sampai cukup kental (jika terlalu kental bisa ditambah air). Setelah adonan jadi ya goreng ke dalam minyak panas, tuangkan ke minyak pakai sendok, jangan dituang sekaligus semuanya heeheh.

Saya tadi agak gagal masaknya, terlalu tebal, jadi kurang kering tengahnya, tadi masaknya agak buru-buru sih, cuma jadi 10 potong dari 1 jagung (tapi ya itu potongannya tebel2, seharusnya bisa jadi 15 potong kali ya).

Hari ini selain masak bakwan jagung cuma rebus waluh (lagi :P) dan menggoreng ikan yang sudah dibersihkan sepulang belanja, jadi waktu untuk mempersiapkan masakan ya tergolong cepat, semuanya selesai dalam waktu 1 jam. Ngerebus waluh bisa diparalel dengan goreng menggoreng. Oh ya untuk menghemat minyak, saya menggoreng bakwan dulu baru menggoreng ikan, alasannya ya biar bakwannya ga bau ikan dan minyaknya ga keburu kotor.

Oke selamat mencoba resep ibu mertua saya :).

2 Replies to “Bakwan Jagung”

  1. Hi Neng, salam kenal dulu ya.
    Saya terharu baca resep sampeyan kok mirip dengan saya resep2 saya semua dari almarhumah Ibu saya dan Ibu mertua saya beliau Half Chineese,(alm) beliau2 itu pada canggih masak dan saya selalu diajarinya agar bisa mengajar assisten2 dirumah,tpi sekarang karena saya tinggal sendiri n tanpa assisten,terpaksa harus masak sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *